top of page
Search

10 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

Updated: Nov 6, 2020

Kumparan.com Sederet film horor telah melahirkan karakter-karakter ikonik seperti Freddy Krueger dari A Nightmare on Elm Street, Pinhead dari Hellraiser, hingga Pennywise dari It.


Selain itu juga sudah menginspirasi sejumlah band untuk membuat lagu yang didedikasikan untuk film-film horor tersebut. Langsung saja simak daftar lagunya seperti dikutip dari Alternative Press.


Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

1. Misfits - Night of The Living Dead

Lagu milik band punk rock asal New Jersey, Amerika Serikat ini didedikasikan buat film zombie legendaris karya George A. Romero dengan judul yang sama. Dalam lagu yang dirilis pada 1982 ini, Misfits menyajikan suasana menyeramkan dengan baik seperti di film aslinya.


2. Dokken - Dream Warriors

Band heavy metal dari California, Amerika Serikat ini pada awalnya setuju membuatkan lagu untuk film Nightmare on Elm Street 3: Dream Warriors. Bassist dan gitaris Dokken, Jeff Pilson dan George Lynch memilih nama film sebagai judul lagu. Nah, dalam video klip Dream Warriors tersebut, kamu bisa melihat beberapa cuplikan dari film aslinya yang rilis pada 1987.


3. Alice Cooper - He's Back (The Man Behind the Mask)

Musisi rock asal Arizona, Amerika Serikat ini seakan bisa mengeluarkan getaran horor di segala karyanya. Namun, lagu ini menjadi ode untuk salah satu karakter film horor terbaik, yaitu Jason Voorhees dari Friday the 13th. Suara synth yang seolah menusuk di lagu itu cocok dimainkan saat adegan mengerikan Jason Voorhees dengan topeng hockey dan parangnya.


4. Deicide - Dead by Dawn

Band death metal asal Florida, Amerika Serikat ini memberikan penghormatan pada salah satu kalimat ikonik dari film horor Evil Dead, "We are the things that were and shall be again". Deicide merilis lagu ini pada 1990. Fakta menariknya, Dead by Dawn ditampilkan dalam gim video Grand Theft Auto IV pada 2009.


5. Broken Hope - Mutilated and Assimilated

Album Mutilated and Assimilated dari band death metal asal Illinois, Amerika Serikat ini seluruhnya bertemakan film The Thing yang dirilis pada 1982. Selain itu, karakter mengerikan di sampul album dan beberapa lagunya juga menyampaikan nuansa film yang menyeramkan.


6. The Ramones - Pet Sematary

The Ramones merupakan band punk rock asal New York, Amerika Serikat. Di lagu ini mereka merujuk karya Stephen King, yaitu Pet Sematary. Lewat lagunya, mereka memberikan penghormatan langsung pada novel dan film horor klasik tersebut. Sang drummer, Marky Ramone mengatakan bahwa Stephen King pernah mengundang The Ramones ke rumahnya dan memberikan salinan dari buku tersebut.


7. Rob Zombie - Living Dead Girl

Robert Bartleh Cummings atau yang dikenal dengan Rob Zombie adalah penyanyi heavy metal asal Massachusetts, Amerika Serikat. Ia telah memberikan penghormatan pada sejumlah film horor saat bernyanyi solo maupun bersama band-nya, White Zombie. Namun, Living Dead Girl ini menjadi salah satu lagunya yang paling terkenal. Rob mengambil rekaman suara dari Wes Craven's the Last House on the Left (1972) dan dipadukan dengan beberapa film horor lainnya.


8. Lizzy Borden - Red Rum

The Shining adalah salah satu cerita Stephen King paling ikonik. Kisahnya sudah diangkat menjadi film pada 1980 dan menjadi salah satu film horor terbaik. Nah, band heavy metal asal California Amerika Serikat, Lizzy Borden, terinspirasi membuat lagu dari film dan buku bergenre horor tersebut.


9. The Black Dahlia Murder - Raped in Hatred by Vines of Thorn

The Black Dahlia Murder adalah band melodic death metal asal Michigan, Amerika Serikat. Mereka terinspirasi membuat lagu dari film Evil Dead 2. Lagu yang dirilis pada 2013 ini berhasil dibuat sama menyeramkannya dengan film.


10. Stormtroopers of Death - Freddy Krueger

Stormtroopers of Death atau yang biasa disingkat menjadi S.O.D. merupakan band crossover thrash asal New York, Amerika Serikat. Mereka terinspirasi membuat lagu dari film horor A Nightmare on Elm Street. Band yang aktif sejak 1985 ini mempersembahkan lagu untuk Freddy Krueger.



Laporan: Alexa Birgitta


2 views0 comments
bottom of page